Dreamy Backpacker: Bermain Siasat dengan Transportasi : Tokyo Subway Ticket

27/11/15

Bermain Siasat dengan Transportasi : Tokyo Subway Ticket

Mulai 22 April  2014, Tokyo Metro Co., Ltd. dan the Tokyo Metropolitan Bureau of Transportation, memperkenalkan Tokyo Subway Tiket untuk memanjakan para turis international dan domestik.



Berikut detail tentang Tokyo Subway Ticket diterjemahkan Dreamy Backpacker dari http://www.tokyometro.jp/en/ticket/value/travel/: 


Tiket ini menawarkan turis untuk menggunakan semua Tokyo Metro dan Toei Subway lines tanpa batas selama 1 sampai 3 hari (berturut – turut).
Tokyo Subway Ticket


Harga
Tokyo Subway 1-Day Ticket – Dewasa: 800 yen, Anak - Anak: 400 yen
Tokyo Subway 2-Day Ticket – Dewasa: 1,200 yen, Anak - Anak: 600 yen
Tokyo Subway 3-Day Ticket – Dewasa: 1,500 yen, Anak - Anak: 750 yen
Masa Berlaku
Tokyo Subway 1-Day Ticket: Berlaku untuk 1 hari seperti yang tertulis di tiket.
Tokyo Subway 2-Day Ticket: Berlaku untuk 2 hari berturut – turut seperti yang tertulis di tiket
Tokyo Subway 3-Day Ticket: Berlaku untuk 3 hari berturut – turut seperti yang tertulis di tiket

Rute
Berlaku di semua jalur Tokyo Metro dan Toei Subway
Di mana untuk membeli dan persyaratan
[Agen Travel]
JTB, Kinki Nippon Tourist, Nippon Travel Agency, Tobu Top Tours, Nishitetsu Travel, JALPAK, JR Hokkaido, JR East, JR Tokai Tours, JR West (Hiroshima Area), JR Kyushu, Hankyu Travel, FUJI TRAVEL SERVICE, dan Meitetsu World Travel branches dan agencies.
·         *Tidak dijual di Tokyo, Kanagawa, Saitama, Chiba, Ibaraki, Tochigi, Gunma dan Yamanashi prefectures.
·         *hanya dijual bersamaan dengan produk travel yang lain (transportasi, akomodasi, paket travel, dll) untuk Tokyo.
Mohon tukar kupon tiket yang diterbitkan agen travel di kantor Stasiun Tokyo Metro yang besar ( (Tokyo Station, Shinjuku Station, Shimbashi Station, Ueno Station, etc.) atau di information centers terletak di B1 of Haneda Airport Domestic Passenger Terminal 1 dan Terminal 2.
Untuk detail terkait lokasi penukaran, silahkan lihat gambar di bawah.

Map of stations for ticket exchange
Floor map of Haneda International Passenger Terminal
[Hotel]
Beberapa hotel menjual tiket ini kepada semua tamu hotel dan beberapa hanya menjual ke tamu hotel yang telah memesan paket yang termasuk tiket ini. Silakan hubungi hotel sebelum kedatangan untuk rinciannya.
Hilton Tokyo, ANA InterContinental Tokyo*1, Comfort Hotel Tokyo Kiyosumi Shirakawa, Royal Park Hotel, Ginza Capital Hotel, Hotel New Otani*1 *2, Akasaka Excel Hotel Tokyu*1 *2, The Capitol Tokyu Hotel*1 *2, Hotel Monterey (Akasaka, Hanzomon, Ginza dan La Soeur Ginza), Asakusa View Hotel, Shibuya Tokyu REI Hotel dan SAKURA HOTEL & HOSTEL (Ikebukuro, Asakusa, Jimbocho nad Hatagaya)*2, Hotel Abest Meguro dan Hotel East 21*1
·         *1: Hanya 1-Day Tickets yang tersedia
·         *2: Hanya tiket Dewasa yang tersedia
·          
[Airports]
Haneda Airport (International Terminal Visitor Information Center)*1, Narita Airport*1 dan Yonago Airport*2
·         *1: hanya dijual untuk orang asing dengan visa turis. (paspor akan dicek)
·          *2: Hanya dijual untuk penumpang pesawat.
Untuk detail tempat pembelian silahkan lihat gambar di bawah:
·         Haneda Airport
Haneda Airport
·         Narita Airport
Narita Airport
Di bandara Haneda dan Narita, Tokyo Subway Ticket hanya dijual kepada pengunjung asing yang dapat menyediakan paspor dan visa turis. Mohon dicatat, warga Jepang tidak dapat membeli tiket ini di bandara ini dimanapun mereka tinggal.
Untuk pengunjung yang tinggal di luar Kanto region (Tokyo, Kanagawa, Saitama, Chiba, Ibaraki, Tochigi, Gunma dan Yamanashi prefectures), mohon membeli tiket dari salah satu travel agen di atas sebelum melakukan perjalanan.


[Travel Agen di Luar Negeri]
Lion Travel*1, HanaTour*1 dan Ctrip*2
·         *1: hanya dijual bersamaan dengan produk travel lain seperti tiket pesawat. *2: hanya diterbitkan di bandara ketika membeli bersamaan dengan produk travel lain seperti tiket pesawat.
[Tempat Pembelian lain di Tokyo]
1. BIC CAMERA dan Sofmap
BIC CAMERA Yurakucho Store, BICQLO BIC CAMERA Shinjuku East Store, BIC CAMERA Akasaka-mitsuke Station Store, BIC CAMERA Ikebukuro Main Store, BIC CAMERA Shibuya East Store, BIC CAMERA Shibuya Hachiko Store, BIC CAMERA Shinjuku East Store, BIC CAMERA Shinjuku West Store dan Sofmap Akihabara Main Store

·         *Paspor akan dicek
2. Laox
Laox Akihabara Main Store, Laox AsoBitCity Store, Laox Shinjuku Main Store, Laox WATCH, Laox Ginza Main Store dan Laox EXITMELSA Store

·         * Paspor akan dicek
3. HIS Tourist Information Center
Shinjuku Head Office, Shinjuku 3-chome, Ginza Head Office, Ginza Core dan Harajuku

·         * Paspor akan dicek
4. Tokyo Metro Pass Offices
Tokyo Metro Pass Offices hanya menjual Tokyo Subway Tickets  pada orang yang menggunakan JR Central’s Express Services ( “Express Yoyaku” atau “Plus EX”) untuk shinkansen berangkat dari Atami dan Hakata menuju stasiun Tokyo dan Shinagawa.
Pass Offices di Stasiun Tokyo dan Shimbashi
The conditions of purchase are as follows:
- hanya menjual Tokyo Subway Tickets  pada orang yang menggunakan JR Central’s Express Services ( “Express Yoyaku” atau “Plus EX”) untuk shinkansen berangkat dari Atami dan Hakata menuju stasiun Tokyo dan Shinagawa.
- Mohon tunjukan IC Express Ticket (“IC go-riyou-hyou zaseki-no-go-annai”) or Non-IC Express Ticket (“go-riyou-hyou”) to Tokyo Metro Pass Office staff di stasiun Tokyo Station or Shimbashi untuk membeli Tokyo Subway Ticket. Untuk pengguna IC Express Service, Express Ticket akan diterbitkan dari ticket gate setelah masuk. Untuk pengguna Non-IC Express Service, Express Ticket akan diterbutkan dari  Reserved Seating Ticket Machine.

·         *jika menggunakan Non-IC Express Ticket, jumlah Tokyo Subway Tickets yang dapat dibeli tergantung pada jumlah orang yang tertera di tiket.  
·         *Tokyo Subway Tickets hanya dijual kepada orang dengan IC atau Non-IC Express Tickets diterbitakan maksimal 2 hari sebelumnya.  
·         *Setelah pembelian, IC atau Non-IC Express Ticket anda akan ditandai untuk menunjukkan bawa itu telah digunakan untuk membeli Tokyo Subway Ticket. Juga, satu IC or Non-IC Express Ticket hanya dapat digunakan untuk membeli Tokyo Subway Tickets sekali.
·         *Tokyo Subway Tickets dapat dibeli secara tunai.


Tips Dreamy:
  • Paling gampang beli di bandara, ketika sampai, langsung ke sales counternya. Cukup menunjukkan paspor. 
  • Apabila tidak sempat karena tiba terlalu malam, bisa mampir ke Akihabara dan beli di Softmap atau Laox. 
  • Tiket ini berlaku terhitung sejak pertama kali digunakan, jadi apabila belinya lebih dari tengah hari, sebaiknya pakai tiket ketengan dulu saja (satu kali perjalanan) untuk sisa hari itu dan baru gunakan subway pass keesokan harinya.
  • Rute yang bisa digunakan hanya Tokyo Metro dan Toei Subway. Hampir semua kereta dioperasikan di bawah tanah. Perhatikan pintu masuk stasiun terdapat logo Tokyo Metro dan Toei Subway atau tidak.
  • Tiket ini tidak berlaku untuk kereta jalur JR.

Image result for toei subway
Tokyo Metro dan Toei Subway.
Image result for jr tokyo logo
Logo JR Train

6 komentar:

  1. hallo arum.. maaf mu tanya, inshaalloh nanti saya dari kyoto menuju tokyo. dan mau beli tokyo metro subway. Bearti langsung yg terdekat aja ya? contohnya di BIC Camera. Apa bisa? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas,

      Setahu saya bisa dengan menunjukkan paspor.

      Hapus
  2. mau tanya, untuk pass subway yang dibeli itu aktif dari saat pembelian atau saat pertama kali kartunya di pakai ya? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aktif sejak pertama kali dipakai. thanks for reading ^_^

      Hapus
  3. Mba..mau tanya kalau Yamanote Line, Keikyu Line dan Keisei Line naik kereta tersebut dengan memnggunakan kartu apa. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa menggunakan SUICA atau PASMO sis karena Yamanote, Keikyu dan Keisei berbeda operator jadi tidak ada kartu diskonnya.

      Hapus